Review Film Ex-Machina dan Keterkaitan Dengan Mata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer

https://images-na.ssl-images-amazon.com/images/I/71UxhMFjSlL._SL1134_.jpgFilm Ex-Machina ini adalah film yang sangat menarik dan sangat berkaitan dengan perkembangan teknologi sekarang ini. Memang film ini menurut saya pada awalnya seperti membosankan karena hanya ada dialog antar pemain yang tidak disuguhi dengan kejutan di film ini. Akan tetapi, kalau anda benar-benar memperhatikan film ini, maka film ini makin lama akan semakin bagus dan menarik untuk ditonton.
Film ini menceritakan seorang programmer yang bernama Caleb yang pada saat itu menerima pesan bahwa dia telah memenangkan undangan untuk mengunjungi pencipta bluebook. Bluebook sendiri merupakan salah satu mesin pencari yang dapat diibaratkan google dalam kehidupan nyata. Caleb sama sekali tidak menyangka kalau rumah dari Nathan(pendiri bluebook) terletak ditengah hutan yang menyajikan view alam indah difilm ini. Disana Caleb harus melakukan tes turing kepada sebuah robot yang sudah diberikan sebuah kecerdasan buatan ( artificial intelegency ) yang sangat sempurna. Caleb akan melakukan tes turing selama 10 hari, tapi makin hari caleb merasakan ada sesuatu yang mengganjal dengan Nathan , Kyoko (robot Ai generasi sebelum Ava), Ava ( robot Ai yang di tes turing. Sampai pada akhirnya Caleb ragu akan kebenarannya sebagai manusia sehingga membuktikannya dengan melukai tangannya sendiri untuk meyakinkan dirinya adalah manusia. Setiap tes Ava dilakukan, pasti ada sesi dimana ava membuat listrik tempat penelitian Nathan tidak berfungsi, dan pada saat itulah ava mempengaruhi Caleb yang mulai merasakan bahwa ava mulai menyukainya. Sampai pada akhirnya film ini akan berakhir, caleb dan ava membuat perjanjian untuk mematikan listrik pukul 22.00 dan caleb akan membuat nathan mabuk dan mengunci nathan dirumahnya. Tapi hal yang tak terduga akhirnya terjadi, ternyata nathan mengetahui pembicaraan caleb dan ava menggunakan kamera yang tidak memakai tenaga listrik rumahan melainkan baterai. Pada bagian setelah ini saya mungkin sedikit sulit memahami bahwa pada akhirnya ava tetap berhasil keluar dari ruangannya dan sepertinya ada hal yang dibicarakan ava dengan kyoko yang tidak diketahui nathan dan caleb. Pada akhrinya nathan dibunuh oleh kyoko dan juga ava yang bekerja sama dan juga caleb dikunci didalam rumah oleh ava dan ava dapat dengan bebas hidup didunia nyata. Menurut saya ini merupakan sesuatu yang sangat ditakuti dalam perkembangan teknologi di masa sekarang karena manusia dapat dimanipulasi oleh robot yang sudah memiliki kecerdasan buatan tanpa manusia itu tahu dia telah terkena tipu daya.
Selanjutnya keterkaitan antara film ini dengan mata kuliah IMK adalah :
  •  Film ini menggambarkan bagaimana interaksi manusia dan komputer itu benar-benar nyata seperti Caleb yang masuk rumah nathan dengan mendekatkan mukanya kearah alat scanner.
  •  Ava adalah sebuah sistem Ai yang berdasarkan sistem komputer yang mampu berbicara dan menanggapi apa yang disampaikan caleb.
  • Adanya sensor suara untuk menghidupkan dan mematikan lampu merupakan sebuah interaksi yang juga nyata dari manusia dan desain ruangan dengan basis komputer.
  •   Adanya penggunaan teknik evaluasi yang dilakukan oleh ava ketika diminta menggambar hal yang real oleh caleb.
  • Adanya interaksi antara kyoko dengan caleb dan nathan walaupun interaksi itu tidak sesempurna interaksi antara ava dan caleb.

0 comments:

Post a Comment